Sabtu, 21 Januari 2017

Obat Tradisional dari Sambiloto

        

                       




Sambiloto merupakan tumbuhan yang cukup terkenal sebagai tanaman herbal atau yang memiliki khasiat sebagai obat yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan atau gejala penyakit yang sering terjadi, di antaranya adalah untuk mengobati demam dan batuk pilek.

Nama ilmiah dari sambiloto adalah Andrographis paniculata (Burm.f.) Wall. Nees. Family: Acanthaceae, dengan nama daerah yang bermacam-macam seperti papaitan, takilo, sandilata, takila, ampadu, dan sambilata. Tanaman sambiloto ini merupakan tumbuhan negara-negara Asia Selatan dan tenggara seperti India , Sri Lanka, Malaysia, termasuk Indonesia. Tidak hanya daun sambiloto, batangnya juga berkhasiat sebagai obat sehingga digunakan untuk membuat obat herbal.


Sambiloto memiliki manfaat sebagai agen pembunuh bakteri, obat penghilang rasa sakit, dan penurun demam. Sambiloto bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah sel darah termasuk sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Andrographolide juga berperan besar dalam menurunkan enzim CDK4 sehingga dapat menekan pertumbuhan sel kanker.



Khasiat Manfaat Sambiloto (Sudah Terbukti)
  1. Flu biasa
  2. Mengurangi demam dan sakit tenggorokan karena tonsiliti
  3. Penyakit radang usus (kolitis ulserativa)

Khasiat Manfaat Daun Sambiloto (Belum cukup bukti)
  1.     Radang sendi. Penelitian awal menunjukkan bahwa penggunaan daun sambiloto selama 14 minggu dapat mengurangi gejala rheumatoid arthritis. 
  2.   Alergi   
  3.  Infeksi sinus (sinusitis) 
  4.   HIV / AIDS 
  5.   Anoreksia 
  6.  Penyakit jantung
  7. Penyakit liver
  8.  Parasit Infeks
  9. Penyakit kulit Bisul

      Cara Menggunakan Sambiloto Daun sambiloto segar sebanyak satu genggam (30 gram) ditumbuk rata kemudian ditambahkan air matang setengah cangkir (110 mL), saring kemudian minum sekaligus. Atau bisa juga menggunakan bahan kering sebanyak 3 gram direbus dan diminum 2 kali sehari sebelum makan
I     Informasi Keamanan Ramuan obat daun sambiloto aman jika diminum dengan tepat dan jangka pendek, baik pada dewasa maupun anak-anak. Namun demikian, dapat menyebabkan efek samping seperti kehilangan nafsu makan, diare, muntah, ruam, sakit kepala, dan kelelahan. Pada Ibu hamil dan menyusui sambiloto tidak aman bagi mereka, karena ada kekhawatiran bahwa mungkin menyebabkan keguguran.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar